”TUKUTAKOJU”
BUSINESS PLAN
Disusun Oleh :
Akhmad Awaludin Agustiar (14/369621/PN/13935)
Rizka Rani Safitri (14/365069/PN/13716)
Freshy Mayang Sary (14/369227/PN/13885)
Rana Alifah Rosmia Efendi (14/365096/PN/13671)
Ivana Madarina Diharningrum (14/369620/PN/13934)
Fakultas Pertanian
Universitas Gadjah Mada
1 | P a g e
2016
EXECUTIVE SUMMARY
Tukutakoju adalah usaha yang bergerak di bidang kuliner yang melakukan diferensiasi dari produk takoyaki. Nama “Tukutakoju” berasal dari kata “tuku” dalam bahasa Jawa artinya membeli, “tako” singkatan dari takoyaki dan “ju” yang berarti keju. Jika diartikan memiliki makna membeli takoyaki isi keju. Maksudnya usaha ini didirikan oleh lima orang mahasiswa dengan berlandaskan atas ide dan kreatifitas mahasiswa dalam membuat usaha takoyaki yang di inovasikan sesuai dengan ketertarikan mahasiswa terhadap cita rasa makanan modifikasi takoyaki yang berbeda dengan yang lain, karena dalam takoyaki yang kami buat terdapat tepung ikan yang membuat ciri khas dari tukutakoju yang membuat keistimewaan tersendiri. Usaha ini didirikan pada tanggal 13 Mei 2016.
Usaha tukutakoju ini sendiri belum ada di Yogyakarta sehingga menjadi yang pertama untuk mempromosikan tukutakoju yang notabenenya adalah makanan khas jepang, dengan memvariasikan rasa. Usaha ini mempunyai prospek ke depan karena banyak hal yang mendukung dan yang paling utama adalah karena Takoyaki ini merupakan produk inovasi makanan asli Jepang. Tukutakoju dapat menjadi salah satu pilihan berbagai kalangan khususnya pelajar, mahasiswa, karyawan, ibu rumah tangga dan kalangan umum lainnya dalam lingkup kawasan Yogyakarta .
Tukutakoju menjadi produk unik yang mengutamakan kualitas produk yang ditawarkan karena produk ini difortifikasi dengan tepung ikan. Selain itu, harganya terjangkau terutama bagi kalangan mahasiswa yaitu hanya dengan Rp 7.500/porsi saja sudah bisa menikmati kelezatannya. Sistem pemasaran Tukutakoju dilakukan dengan dua cara, yaitu dengan menjajakan langung ke mahasiswa di kampus dan menerima pesanan melalui kontak telfon dan media sosial seperti facebook, instagram, twitter, email. Promosi yang dilakukan juga diutamakan melalui media sosial, serta promosi secara langsung.
Visi usaha Tukutakoju yakni menghasilkan produk olahan ikan yang berkualitas dan bergizi serta mengutamakan kepuasan konsumen sebagai upaya mendukung Program Gemar Ikan (Gerakan Makan Ikan). Adapun untuk mencapai visi tersebut dibuat misi yakni : menciptakan berbagai variasi rasa dari produk Takoyaki; menyesuaikan produk Takoyaki dengan selera masyarakat; memberikan pelayanan yang memuaskan kepada konsumen dengan berpedoman bahwa konsumen adalah raja; menawarkan produk berkualitas (fresh from the oven) dan memenuhi kebutuhan gizi; serta meningkatkan kualitas dengan harga yang tetap terjangkau.
2 | P a g e
VISI MISI
Visi
Menghasilkan produk olahan ikan yang berkualitas dan bergizi serta mengutamakan kepuasan konsumen sebagai upaya mendukung Program Gemar Ikan (Gerakan Makan Ikan).
Misi
- Menciptakan berbagai variasi rasa dari produk Takoyaki
- Menyesuaikan produk Takoyaki dengan selera masyarakat
- Memberikan pelayanan yang memuaskan kepada konsumen dengan berpedoman bahwa konsumen adalah raja.
- Menawarkan produk berkualitas (fresh from the oven) dan memenuhi kebutuhan gizi
- Meningkatkan kualitas dengan harga yang tetap terjangkau
IDENTITAS PERUSAHAAN
Ø Nama Perusahaan : Tukutakoju
Ø Bidang Usaha : Penjualan pastry
Ø Jenis Produk/ jasa : Produk makanan olahan ikan
Ø Alamat Perusahaan : Kampung Klebengan RT 10 RW 02 E9 CT VIII Depok, Sleman, Yogyakarta
Ø Nomor Telepon : 08998883538
Ø Alamat E-mail : Tukutakojuyk@gmail.com
Ø Situs Web : Tukutakojuyk.blogspot.com
ØLine : Tukutakojuyk
Ø Facebook : http://facebook.com/Tukutakoju yk
Ø Instagram : @tukutakoju_yk
3 | P a g e
DESKRIPSI PRODUK
Dewasa ini, berbagai macam jenis makanan bermunculan dengan ragam kreativitas yang menarik dan unik. Makanan biasa dikreasikan menjadi makanan yang memiliki cita rasa dan nilai jual tinggi, salah satunya yaitu Tukutakoju. Banyak yang tidak mengenal makanan ini. Memang, Tukutakoju tergolong makanan yang asing bagi sebagian orang karena namanya yang aneh dan jarang ditemui, terutama di kawasan Yogyakarta. Sebenarnya, Tukutakoju seperti takoyaki yang merupakan salah satu makanan khas Jepang yang populer. Makanan ini sejenis takoyaki yang berupa bahan tepung ikan yang diolah menjadi bentuk bulat yang berisi keju, namun yang membedakan Tukutakoju menggunakan tepung ikan sebagai campuran tepung terigu sementara takoyaki yang lain hanya menggunakan tepung biasa. Tukutakoju dibuat dengan bahan dasar tepung terigu dengan campuran tepung ikan yang diberi telur dan dicetak membentuk bulat yang diisi dengan keju, serta bahan tambahan yang melengkapi seperti saus takoyaki, saus mayonaise dan irisan daun bawang. Ada yang mengatakan. Tukutakoju kami juga dimodifikasi dari segi isi yang biasanya diisi gurita, cumu-cumi, atau udang. Tukutakoju memiliki divariasi dengan isi keju.
4 | P a g e
MARKETING PLAN
- TARGET PASAR
1.1 Gambaran pasar
Pasaran untuk produk Tukutakoju ini masih luas cakupannya, karena belum banyak produk serupa yang beredar di Yogyakarta.
1.2 Ukuran dan tren pasar
Di pasaran panganan serupa Takoyaki ini masih banyak digemari karena praktis dan mengenyangkan, gizi yang dikandung juga lengkap, yaitu isiannya mengandung protein dari ikan.
1.3 Target pelanggan
Target pelanggan untuk produk Tukutakoju ini berasal dari berbagai kalangan dan usia. Mulai dari anak-anak hingga dewasa, dari masyarakat Yogyakarta dan sekitarnya dengan perekonomian bawah hingga atas.
1.4 Peluang strategi
Dengan membuat produk yang unik dari yang lainnya, memberikan variasi isian Takoyaki yang berbeda dari yang lainnya. Serta memberikan harga yang terjangkau serta pelayanan yang terbaik. Promosi juga dilakukan dengan berbagai media, terutama media social seperti facebook, line, instagram, dan lain-lain.
- PESAING DAN KONDISI PERSAINGAN 2.1 Pesaing: lokal dan lainnya
Pengusaha Takoyaki sekarang belum banyak di wilayah Yogyakarta dan sekitarnya, biasanya Takoyaki dijual di rumah makan khas Jepang bukan dijual secara khusus. Jadi pesaing untuk panganan ini belum terlalu banyak
2.2 Distribusi pangsa pasar
Distribusi untuk makanan Takoyaki ini yaitu dari kalangan dari perekonomian bawah sampai atas. Distribusinya di wilayah Yogyakarta dan sekitarnya. Pelanggan dapat memesan secara online atau dating langsung ke rumah produksi.
5 | P a g e
2.3 Kelebihan dibandingkan pesaing
Takoyaki yang dibuat memiliki variasi isian yang bermacam-macam seperti keju, daging ayam dan daging ikan.
2.4 Posisi dalam persaingan
Usaha pegembangan produk Tukutakoju masih memiliki peluang yang baik di wilayah Yogyakarta karena belum banyak jenis usaha yang serupa
2.5 Rencana dan Strategi Pemasaran
Metode Pemasaran produk panganan Tukutakoju ini adalah melalui promosi langsung (berkeliling) di kampus, melalui media social (facebook, line, instagram, dll), dan melalui media promosi lainnya seperti pamphlet, brosur, spanduk, dan lain sebagainya. Pemasaran juga dapat dilakukan dengan melakukan promosi unik, seperti melalui kontes selfie bersama Tukutakoju
6 | P a g e
ANALISIS SWOT
STRENGTH
- Bahan baku mudah didapat
Bahan baku yang digunakan dalam bisnis makanan tukutakoju tergolong mudah didapat karena hanya memakai bahan utama seperti terigu dan ikan yang mudah didapatkan.
- Kualitas produk terjamin
Karena tukutakoju memakai sistem pemasaran utama dengan cara pemesanan maka kualitas serta kandungan gizinya terjamin.
- Harga terjangkau
harga tukutakoju terjangkau untuk semua kalangan terutama mahasiswa yang menjadi target utama. Dengan kualitas produk , rasa, dan kandungan gizi yang tinggi, harga Takoyaki sebesar Rp 7500/porsi tergolong murah. Harga yang terjangkau ini menjadi daya tarik konsumen untuk membeli produk.
- Masih jarang ditemukan di pasaran (khususnya jogja)
Takoyaki menjadi kue khas Jepang yang belum banyak dijual di pasaran khususnya Jogja. Tukutakoju hadir sebagai produk langka di antara produk-produk kuliner lain yang banyak bermunculan di pasaran.
- Produknya unik
Terbuat dari bahan bahan yang fresh dan bergizi(protein tinggi : ikan), belum banyak berproduk olahan yang mirip/sama. Takoyaki penjualan Takoyaki masih jarang sehingga masih besar kemuangkinan usahannya menjadi usaha yang besar. Bahan produk yang terjamin sehat dan higienis mempunyai ciri khas variasi rasa yang unik berbahan dasar ikan.
- Produk bisa untuk camilan atau lauk
Isi Tukutakoju yang dibuat dari tepung tulang ikan sebanyak 5% sebagai fortifikasi yang diolah dengan racikan bumbu sedap yang cocok untuk dijadikan camilan dan juga lauk.
7 | P a g e
WEAKNESS
- Belum banyak digemari masyarakat
Produk Tukutakoju tergolong jenis makanan yang jarang ditemukan di pasaran umum karena merupakan makanan khas suatu daerah yaitu Jepang sehingga masyarakat banyak yang belum kenal dengan Tukutakoju tersebut.
- Ketahanan produk yang terbatas
Tukutakoju menggunakan bahan-bahan yang masih segar seperti ikan yang merupakan bahan utama dan tidak menggunakan pengawet sehingga tukutakoju hanya tahan satu hari karena apabila lebih dari itu protein dan gizi yang terkandung akan rusak, akan tahan lebih lama apabila disimpan di lemari es atau dipanaskan lagi.
- Tidak cocok untuk yang tidak suka produk olahan dari ikan (ada yang alergi ikan)
Tukutakoju menggunakan bahan baku ikan dan tidak semua orang menyukai ikan sehingga akan ada beberapa orang yang tidak menyukai tukutakoju karena tidak bisa makan ikan karena alergi dsb.
- Belum cukup memiliki pengalaman bisnis
Pendiri Tukutakoju merupakan mahasiswa angkatan awal sehingga belum cukup memiliki ilmu dan pengalaman dalam berbisnis.
- Belum ada pelanggan
Tukutakoju merupakan produk yang baru didirikan sehingga belum ada pelanggan yang dimiliki
8 | P a g e
OPPORTUNITY
- Masih sedikit pesaing yang memiliki usaha sejenis
Takoyaki merupakan makanan khas Jepang dan jarang ditemukan di daerah Yogyakarta dan sekitarnya dan belum banyak orang yang memiliki bisnis makanan Takoyaki.
- Sistem Pemasaran dan Promosi yang menarik
Produk Tukutakoju mengutamakan sistem pemesanan dan penjualan di area kampus serta kami akan selalu mengupdate informasi dan promosi di media social dan web resmi Tukutakoju. Sistem promosi yang menarik yang dilakukan di media sosial (facebook, line, instagram) seperti lomba selfie makan tukutakoju dan berhadiah menarik.
- Memancing rasa ingin tahu dari orang-orang untuk mencicipi
Karena produk tukutakoju masih jarang ditemukan di pasaran umum terutama di Jogja sehingga akan banyak orang yang penasaran dan memiliki rasa ingin tahu orang-orang untuk membeli Tukutakoju.
- Pasarnya luas
Pasaran yang akan kami masuki adalah area kampus dan pasaran Jogja. Karena kami masih mahasiswa pemasaran yang dilakukan akan semakin mudah misalnya apabila ada kegiatan atau suatu acara kampus maka dapat memesan snack Tukutakoju di tempat kami.
- Dapat bekerjasama dengan nelayan lokal
Karena Tukutakoju menggunakan bahan baku ikan sehingga dapat bekerja sama dengan nelayan local dan mengangkat hasil penangkapan ikan nelayan local.
THREATS
- Muncul pesaing baru
Karena Tukutakoju merupakan makanan yang unik dan mudah untuk dibuat serta memliki nilai ekonomis sehingga akan memancing orang-orang untuk meniru produk sejenis Takoyaki.
- Pasokan ikan bergantung dengan musim ikan(ada atau tidak jenis ikan tertentu)
Ada beberapa jenis ikan yang tergantung dengan musim sehingga akan mempengaruhi produksi Tukutakoju.
9 | P a g e
ORGANIZATION PLAN
Tukutakoju merupakan usaha bersama yang didirikan oleh lima orang mahasiswa sehingga dalam proses pelaksanaan bisnis tersebut semua orang bekerja secara bersama saling membantu. Namun, untuk melancarkan proses produksi serta penjualan, setiap orang memiliki tanggung jawab masing-masing seperti dibawah ini :
- Koordinator/Ketua, secara umum dijalankan oleh Ahmad Awaludin Agustyar, bertanggungjawab dalam memimpin dan mengkoordinasi semua proses dalam bisnis tukutakoju.
- Koordinator Produksi, dijalankan oleh Freshy Mayang Sary, bertanggungjawab dalam proses produksi meliputi pembuatan tukutakoju secara keseluruhan.
- Koordinator Pemasaran, dijalankan oleh Ivana Madarina Diharningrum, bertanggungjawab dalam proses pemasaran meliputi penjualan di kampus dan tempat lain.
- Koordinator Promosi, dijalankan oleh Rizka Rani Safitri, bertanggungjawab dalam proses promosi pada berbagai media seperti media social, melalui web tukutakoju dan media cetak, aktif memperbarui informasi dan melakukan promosi secara berkala.
- Koordinator Keuangan, dijalankan oleh Rana Alifah Rosmania Effendi, bertanggungjawab dalam mengelola setiap rinci pemasukan uang serta pengeluaran uang dalam bisnis tukutakoju.
10 | P a g e
OPERATIONAL PLAN
- Kapasitas Produk dan Lokasi
Tukutakoju adalah kuliner yang menjual Takoyaki yang berbahan dasar berbagai jenis ikan laut. Penyajiannya berbentuk bundar yang disajikan dengan menarik. Tata cara penyajiannya, isian yang terdiri dari keju dibungkus dengan campuran tepung ikan, tepung terigu, mentega, baking powder dan telur yang berbentuk bundar dengan cetakan khusus. Tepung ikan yang dipilih merupakan ikan segar yang diolah menjadi tepung ikan sehingga terjamin kualitas makanan yang kami sajikan.
Daerah yang dipilih sebagai tempat usaha adalah kantin kampus dan juga daerah lain yang dekat dekat sekolah, kampus dan tempat tinggal pelajar/ mahasiswa. Daerah yang memenuhi kriteria tersebut adalah Jalan Kaliurang km 4,5 Pogung
- Teknologi dan Proses Produksi 2.1 Teknologi
Teknologi yang digunakan adalah teknologi yang sederhana. Yang dibutuhkan hanyalah peralatan memasak yang biasa digunakan saja.
2.2 Proses Produksi
Kegiatan yang dilakukan meliputi proses pencarian ikan-ikan segar, proses memasak, proses penyajiannya. Ikan sebagai bahan dasar didapat dari nelayan yang telat selesai melaut. Sehubungan penjualan dilakukan di Yogyakarta, tempat penghasil bahan baku utama cukup jauh dari tempat penjualan. Cara memasak makanan dengan dua cara yaitu makanan dimasak kemudian dijual, dan pembeli dapat memesan makanan kemudian kami memasak makanan sejumlah yang dipesan oleh pembeli. Cara penyajiannya di gunakan mika sebagai wadah Takoyaki.
11 | P a g e
Adapun cara pembuatan Tukutakoju, adalah sebagai berikut :
- Bahan
- 150 gr tepung terigu (1 gelas)
- Tepung ikan
- 2 butir telur ayam, ambil putihnya satu saja
- 200 ml kaldu ayam cair
- ½ sendok the baking powder
- 1 sendok teh garam
- Tambah air secukupnya
- Bahan Isian
- keju lumer
- 1/8 bagian dari 1 buah kol, iris halus
- 1 batang daun bawang, iris tipis
- 1 sendok teh garam
- Bahan Pelengkap
- saus takoyaki
- saus mayonaise
- Irisan daun bawang
Cara pembuatan kulit:
- Kocok telur, tuangkan kaldu ayam sedikit demi sedikit dan kocok lagi hingga menyatu.
- Campurkan terigu dan tepung ikan, baking powder dan garam, aduk biar tercampur merata. Tuangkan campuran telur dan kaldu ayam, aduk rata. Ukur kekenyalan adonan, jika kurang encer tambahkan lagi air dingin secukupnya.
- Siapkan irisan, campur semua bahan isian dan aduk hingga merata.
- Panaskan cetakan, beri minyak hingga kira-kira sepertiga dari kedalaman hingga lubang cetakan.
- Tuang adonan hingga setengah dari ketinggian lubang cetakan, masukkan isian dan tuang lagi adonan hingga penuh.
- Masukkan takoyaki hingga bagian bawah matang dan atasnya mengembang, setelah itu balikan untuk mematangkan bagian atasnya.
- Setelah matang, angkat dan sajikan bersama dengan bahan pelengkap.
Cara pembuatan isi :
- Tumis bumbu yang sudah dihaluskan.
- Haluskan ikan segar (tuna/salmon/sardin/cakalang) yang telah dibersihkan dari duri, lalu diberi telur dan gula pasir secukupnya. Aduk hingga matang.
- Masukkan keju.
- Aduk terus untuk menjaga agar adonan tidak gosong.
- Angkat bila matang.
12 | P a g e
- Peralatan dan Bahan Baku
- Peralatan
Peralatan utama yang digunakan, yaitu: 1 cetakan khusus bentuk bulat, 1 unit kompor gas dan gas. Sedangkan peralatan pendukung yang digunakan, yaitu: baskom, sumpit, gunting, sendok, piring, pisau, dan plastik mika (pembungkus).
- Bahan baku
Bahan baku utama yang digunakan adalah tepung ikan dan tepung terigu sebagai bahan baku utama untuk Tukutakoju dan sebagai bahan baku isian.
- Organisasi dan Manajamen
Usaha “Tukutakoju” dijalankan oleh 5 orang. Kelimanya memiliki perannya masing-masing, Yaitu ketua, koordinator produksi, koordinator pemasaran, koordinator promosi, dan koordinator keuangan. Semuanya memiliki peran dalam semua bidang yang berarti semua juga dapat dikatakan sebagai karyawan.
- Jadwal implementasi
Adapun kegiatan yang akan dilakukan yaitu :
Fase | Tanggal | Kegiatan |
Perencanaan | 13 Mei 2016 | Memikirkan Rencana Usaha |
13-17 Mei 2016 | Penyusunan Business Plan | |
19 Mei 2016 | Penyiapan peralatan dan bahan, dan | |
media promosi | ||
20 Mei 2016 | Percobaan pembuatan tester | |
Pelaksanaan | 23 Juni 2016 | Produksi dan pemasaran perdana |
24 Juni 2016 | Promosi | |
Kontrol | 25 Juni 2016 s/d | Monitoring kegiatan penjualan, menu dan |
Seterusnya | Promosi |
13 | P a g
FINANCIAL PLAN
Kebutuhan Investasi dan Modal Kerja
Investasi awal dalam bentuk peralatan yang diperlukan dapat dilihat pada tabel di bawah ini.
Tabel 1. Rincian Investasi Awal (FC)
Nama Barang | Unit | Total/Rp |
Kompor Gas | 1 | 250000 |
Tabung Gas | 1 | 150000 |
Cetakan Takoyaki | 1 | 150000 |
Wadah Adonan | 1 | 50000 |
Alat dapur lainya | 50000 | |
Jumlah | 650000 |
Tabel 2. Biaya Bahan 1 x produksi (FC)
Nama Barang | Jumlah barang | Harga (rupiah) | |
Tepung Terigu | 3 kg | 15.000 | |
Mentega | 3 pcs | 7.000 | |
Tepung Tulang Ikan | 150 gram | 4.000 | |
Telur | 10 butir | 15.000 | |
Bawang daun | 3 ikat | 5.000 | |
Bumbu-bumbu seperti bawang, Saus tomat, Mayonaise. | Secukupnya | 10.000 | |
Saus sambal | 100 pcs | 15.000 | |
Minyak | 2 L | 15.000 | |
Ikan Segar | 400 gr | 15.000 | |
Tusuk Gigi | 100 pcs | 5.000 | |
Plastik Mika
(Pembungkus) |
100 pcs | 10.000 | |
Keju Quickmelt | 1 pcs | 24.000 | |
Kaldu Ayam | 200mL | 10.000 | |
Jumlah | 150.000 | ||
Rencana Produksi Minimal per Bulan :
8 kali produksi yang mana tiap produksi menghasilkan 150 pcs
1 kali produksi = 150 pcs = Rp 150.000
8 kali produksi = 8 x 150 = 8 x 150.000 = Rp. 1.200.000,00
Rencana Penerimaan Penjualan per bulan
8 kali produksi = 8 x 150 Pcs = 1.200 pcs
Harga per perporsi = Rp 7.500,00
Harga Per Pcs = Rp. 1.500
Rencana penerimaan penjualan = Rp 1.500,00 x 1200 = Rp 1.800.000.00
Untuk menentukan jangka waktu pengembalian dana, bisa digunakan Break Even Point (BEP). Dalam perhitungan BEP diperlukan data-data biaya berikut :
- Biaya Tetap (Fix Cost /FC) sebulan sebesar Rp 650.000,00 untuk investasi alat-alat produksi seperti pada tabel 1
- Biaya Variable (Variable Cost /VC) per 150 unit sebesar Rp. 150.000 meliputi Bahan baku : 150.000 seperti pada tabel 2
- AVC = VC/Q = Rp. 150000/1200 = Rp. 125
- Harga Jual per Pcs Rp 1.500
Analisi Kelayakan Usaha
- BEP dalam Unit = FC / (P – AVC)
= Rp.650.000 / (Rp.1.500 – Rp.125)
= 473 unit
15 | P a g e
- BEP dalam Rupiahnya = FC / (1-AVC/P)
= Rp. 650.000 / ((1-125/1500)
= Rp. 650.000 / 0,91
= Rp.714.285
- BEP harga = (TC/ Q )
= (650.000 + 150.000 / 1200)
= Rp 666 / unit
Keterangan:
TC : Total Cost (FC + VC)
Q : kuantitas/produksi
Jadi, BEP tercapai ketika penjualan mencapai 1.200 unit atau penjualan mencapai nilai Rp. 714.285
Analisis Keuntungan | |
Penerimaan penjualan | : Rp 1.800.000 |
Total biaya produksi | : Rp. 800.000 |
Laba Usaha = Penerimaan penjualan – Total biaya produksi = Rp 1.000.000
Jadi dengan target produksi minimal 8 kali produksi akan mendapatkan keuntungan sebesar Rp 1.000.000 per bulannya.
16 | P a g e
SAMPEL PRODUK (TUKUTAKOJU)
Sumber gambar :
http://resepdanmasakan.com/resep-takoyaki-ala-jepang-enak-dan-sederhana/
Sumber gambar :
https://sg.sushiandsake.net/special/food/detail_10/