DOKUMEN YANG DIPERLUKAN PADA BAGIAN PEMASARAN

TUGAS

MANAJEMEN MUTU

OLEH

Akhmad Awaludin Agustiar

14/369621/PN/13935

 

 

 

 

 

 

DEPARTEMEN PERIKANAN

FAKULTAS PERTANIAN

UNIVERSITAS GADJAH MADA

YOGYAKARTA

2017

 

 

 

            DOKUMEN YANG DIPERLUKAN PADA BAGIAN PEMASARAN

 

No Dokumen
1 Struktur Organisasi Bagian Pemasaran
2 Rencana Pemasaran
3 Daftar Buyer Tetap
4 Prosedur recall produk
5 Form barang yang dijual
6 Form barang yang retur
7 Form barang yang riject
8 Survey Kepuasan Pelanggan
9 Laporan penjualan kuartal
10 Surat kontrak dengan buyer
11 Trend pasar saat ini
12 Rincian standar kualitas produk,
13 Strategi pemasaran
14 Analisis pangsa pasar
15 Jadwal pertemuan dengan buyer
16 Prosedur klaim garansi pelanggan
17 Analisis risk assesment
18 Distribusi barang
19 Evaluasi akhir tahun

 

 

 

CHECKLIST

 

Klausul : 8.2.1 Komunikasi pelanggan

Bagian : Pemasaran

 

No Pertanyaan V/X Keterangan
1 Apakah pelanggan memiliki informasi yang jelas kemana mereka harus berhubungan ketika ingin memberikan masukan,input atau saran?    
2 Apakah sudah ada mekanisme untuk menanggapi masukan dan saran dari pelanggan?    
3 Apakah ada follow-up dari masing-masing masukan dan saran yang diterima?    
4 Siapa yang melakukan monitoring pelaksanaan dan batas waktu dari  komplain yang disampaikan pelanggan?    
5 Apakah ada tindakan langsung yang dilakukan untuk mengatasi kekecewaan dari pelanggan?    
6 Apakah ada metode untuk melakukan pertemuan secara langsung dengan pelanggan ?    
7 Apakah sistem sudah menyediakan informasi yang berkaitan dengan produk dan layanan    
8 Apakah ada sistem untuk menerima feedback pelanggan pada produk dan layanan yang dikirim?    
9 Apakah ada sistem tersebut telah terdokumentasi ?    
10 Apakah ada bukti bahwa sistem tersebut diimplementasikan?    

 

Agustyar

Mahasiswa perikanan UGM 2014

Leave a Reply

Your email address will not be published.